EndNote: Aplikasi Perpustakaan Digital Pribadi (versi Mac OS X Lion hingga Yosemite)

Adriyan Pramono, SGz.,MSi
Jurusan Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang

Memasuki tahun 2015, mengawali kegiatan menulis saya di Blog dengan berbagi kemanfaatan software referensi bernama EndNote. Semoga dengan tulisan ini, seluruh pembaca yang hobi menulis, dapat menerapkan dan memanfaatkannya. Khususnya bagi anda pengguna Mac OS X mulai dari Lion hingga Yosemite.

Bagi anda yang biasa menulis, tentu tidak akan pernah meninggalkan apa yang disebut sumber pustaka / daftar pustaka / atau sumber. Penulisan sumber / sumber pustaka / daftar pustaka sudah dikenalkan sejak kita duduk di bangku sekolah. Nah, harus diakui cara menulis yang kita kenal dalam menyusun sumber / daftar pustaka tersebut adalah manual. Maksudnya manual adalah kita menulis sumber yang dibaca secara manual. Maksudnya adalah kita menulis ide dari kita membaca sebuah sumber, lalu kita menulis sumber itu kemudian.

sumber: dokumentasi pribadi
Gambar diatas adalah contoh bagaimana kita memasukkan sumber dalam tulisan kita dengan manual. Kelemahannya menulis sumber secara manual adalah 
(1). membutuhkan waktu yang lebih lama. 
(2). membutuhkan ruang yang lebih besar, sebab kita akan meletakkan buku fisiknya disamping laptop/komputer kita. 
(3). jika terjadi perubahan susunan pokok pikiran/gagasan maka akan dapat merubah keseluruhan susunan sumber / daftar pustaka yang telah disusun.

Apakah itu EndNote?

EndNote merupakan aplikasi/software berlisensi yang dikeluarkan oleh Thomson Reuters untuk memudahkan kita dalam mengelola sumber bacaan / daftar pustaka dalam sebuah tulisan. Bahkan di era digital saat ini, EndNote membawa kita melewati batas sumber bacaan ke dalam sebuah atmosfer menulis yang menyenangkan. EndNote membantu kita memulai sebuah tulisan, mengidentifikasi ide dan sumber bacaan, mempublikasikan hingga berbagi/bertukar referensi.

Simpelnya anda dapat membuat perpustakaan digital milik anda sendiri!!!

EndNote telah mengalami berbagai pengembangan format dengan versi yang terbaru adalah EndNote-X7. EndNote langsung dapat melakukan link dengan Microsoft Office (Word, PowerPoint, maupun Excel). Apa saja yang mampu dilakukan EndNote:
(1). EndNote membantu kita menyusun perpustakaan pribadi kita. Dibawah ini adalah salah satu perpustakaan digital saya.

sumber: dokumentasi pribadi.
(2). EndNote memudahkan kita dalam melakukan sitasi (kutipan) baik dari perpustakaan digital kita (database pribadi yang kita susun) atau sitasi dari sumber URL nya langsung.

sumber: dokumentasi pribadi

sumber: dokumentasi pribadi
(3). EndNote mampu mengunduh file dalam bentuk PDF maupun video / suara. Bahkan jika kita mengunduh file PDF dan ternyata hasil unduhan kita tidak terbaca/ corrupted kita bisa mencari kembali melalui EndNote.

sumber: dokumentasi pribadi
(4). EndNote mampu menyusun sumber pustaka menurut topik tulisan yang kita susun dan bahkan by project yang kita kerjakan.

(5). EnNote dapat di sinkronisasi antar perangkat keras. Tentunya bagi pengguna Mac OS X yang juga sebagai pengguna Ipad tentu ini sangat berguna. Tanpa harus membawa keduanya, perpustakaan digital anda dapat dibawa kemana pun. Namun anda harus terlebih dahulu terdaftar di Thomson Reuters sebagai user EndNote yang berlisensi.

Untuk dapat melihat secara langsung kemudahan menulis sumber pustaka menggunakan EndNote, saya sertakan video dari Thomson Reuters.



Note: penulis membagi informasi ini sebagai bagian tugas Trainer EndNote for Mac OS dari Thomson Reuters. Untuk informasi pelatihan EndNote X7 di lingkungan Universitas Diponegoro dapat menghubungi penulis.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antioksidan untuk Prediabetes

Perkembangan Gizi di Indonesia

Makanan Pendamping ASI 6 - 24 Bulan